NEWS UPDATE :  

Berita

SMKN 8 Kirim 2 Siswa Ikuti LKS Nasional 2023

Revolusi industri 5.0 telah membawa perubahan mendasar dalam berbagai aspek kehidupan global, dan sektor pendidikan tidak terkecuali. Transformasi ini menempatkan peserta didik dalam fokus untuk mengembangkan kreativitas, keterampilan, serta kemampuan berpikir kritis dan komunikatif menggunakan teknologi yang semakin canggih. SMKN 8 Palangka Raya, sebagai lembaga pendidikan yang progresif, berupaya untuk mempersiapkan peserta didiknya dalam menghadapi tantangan ini.

Revolusi industri 5.0 menciptakan momentum penting untuk mendefinisikan standar kompetensi peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dalam konteks ini, SMK harus mampu memproduksi lulusan yang tidak hanya memiliki keterampilan teknis, tetapi juga mampu berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan cepat yang terjadi dalam dunia industri.

Dalam upaya untuk menghadapi perubahan ini dan mempersiapkan peserta didik untuk persaingan global, SMKN 8 Palangka Raya mengambil langkah proaktif dengan mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Nasional. LKS ini bertujuan untuk memotivasi dan meningkatkan kompetensi peserta didik SMK dalam menjawab kebutuhan tenaga kerja yang handal, berkarakter, dan sesuai dengan standar industri.

Kegiatan LKS SMK Nasional berlangsung mulai tanggal 23 hingga 29 Oktober 2023 di Surabaya, Jawa Timur. Dalam ajang kompetisi ini, dua siswa SMKN 8 Palangka Raya, Alvin dan M. Jafar Rasyidin, mengikuti berbagai bidang lomba yang menuntut keterampilan teknis tingkat tinggi.

Alvin berpartisipasi dalam bidang lomba "Teknik Perbaikan Body Mobile (Autobody Repair)".
M. Jafar Rasyidin berkompetisi di bidang lomba "Kabel Jaringan Komputer Informasi (Information Network Cabling)".
Kepala Sekolah SMKN 8 Palangka Raya, Rahmi Kurnia Handayani, M.Pd, menyatakan bahwa keikutsertaan siswa dalam LKS Nasional adalah langkah yang sangat penting dalam meningkatkan kompetensi mereka. "Kami bangga melihat siswa kami berkompetisi di tingkat nasional. Ini adalah pengalaman berharga dan peluang untuk mengukur kemampuan mereka dengan peserta dari seluruh Indonesia. Dalam era revolusi industri 5.0, kemampuan teknis dan soft skill sangat dibutuhkan, dan kami yakin bahwa peserta kami memiliki potensi untuk bersaing secara efektif di dunia kerja yang semakin kompetitif."

SMKN 8 Palangka Raya mengucapkan dukungan dan harapan tinggi untuk Alvin dan M. Jafar Rasyidin dalam LKS Nasional. Keberhasilan mereka akan menjadi prestasi besar bagi sekolah dan daerah ini serta membuktikan bahwa pendidikan berbasis revolusi industri 5.0 dapat menciptakan lulusan yang siap bersaing di tingkat global.

OFFICIAL YOUTUBE CHANNEL SMK NEGERI 8 PALANGKA RAY